MEDIA PEMBELAJARAN FOTO Pada Materi Makanan Hasil Fotosistesis Disimpan Sebagai Makanan Cadangan Cadangan


Latar Belakang
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap-sikap kepada peserta didik, sehingga peserta didik dapat memahami dan memiliki pesan-pesan dan makna yang disampaikan itu. Salah satu media yang tepat adalah media foto. Disini kami mengambil media foto tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan.( buah, Umbi, batang dan biji ). Media ini dapat membantu siswa untuk melihat benda, peristiwa ataupu keadaan secara kongkrit dan realistik. Pada materi pokok tentang “ makanan hasil fotosintesis disimpan sebagai makanan cadangan “ siswa diharapkan dapat menyebutkan contoh-contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya pada umbi, batang buah dan biji. Dalam kehidupan sehari –hari, siswa seringkali mengkonsumsi buah-buahan, biji-bijian, umbi-umbian, dakan tetai mereka belum mengerti bahwa apa yang mereka makan itu adalah makanan cadangan yang disimpan oleh tumbuhan.
Untuk menguasai materi tersebut diperlukan media yang dapat dilihat oleh siswa agar siswa dapat mengetahui berbagai tempata yang dapat digunakan oleh tumbuhan untuk menyimpan cadangan makanannya dan dalam hal ini mefia yang ditampilkan yaitu media foto. Adapun foto yang ditampilkan yaitu foto berbagai macam tumbuhan misalnya ketela pohon, wortel, bawang merah, kentang, berbagai macam buah-buahan, biji-bijian dan tebu/sagu. Dengan demikian, pada akhirnya siswa dapat mengindentifikasikan tumbuhan yang menyimpan makanan cadangannya pada umbi,buah, biji ataupun batang.
Dengan media ini siswa tidak hanya mendengar dan membayangkan, tetapi juga melihat dengan jelas bentuk warna dan ciri-cirinya.


Tujuan pembelajaran
            Pada pembelajaran “ Makanan Hasil Fotosintesis disimpan sebagai makanan cadangan “ tujuan yang ingin dicapai yaitu :
  1. Siswa dapat menyebutkan contoh tumbuhan yang menyimpan makanan cadangannya pada umbi.
  2. Siswa dapat mengindentifikasi contoh tumbuhan yang menyimpan makanan cadangannya pada buah.
  3. Siswa dapat menjelaskan contoh tumbuhan yang menyimpan makanan cadangannya pada bijinya.
  4. Siswa dapat menyebutkan contoh tumbuhan yang menyimpan makanan cadangannya pada batang.