Model Pembelajaran Advance Organizer


Model pembelajaran ini dikembangkan oleh David Ausubel. Ia adalah salah seorang penganut aliran psikologi perkembangan kognitif sama halnya dengan Piaget dan Bruner. Ia menekankan pada cara belajar secara verbal bermakna, yaitu suatu cara belajar yang menurut dia merupakan kenyataan dalam praktik pengajaran yang berlangsung di sekolah-sekolah.
Ausubel sangat peduli untuk membantu guru dalam menyajikan informasi secara bermakna dan secara efisien. Teorinya digunakan pada situasi bila guru berperan sebagai penceramah atau sebagai pemmberi penjelasan. Model pembelajaran yang dikemukakanya dirancang untuk menguatkan struktur kognitif siswa ketika mempelajari pengetahuan. Selanjutnya menurut Ausubel, setiap pengetahuan (ilmu) mempunyai struktur konsep tertentu yang membentuk kerangka dari sistem pemrosesan informasi yang dikembangkan dalam ilmu itu. Tugas guru dalam mengajar pertama-tama adalah menyajikan kerangka konsep yang umum dan menyeluruh untuk kemudian dilanjutkan dengan penyajian informasi yang lebih spesifik. Kerangka umum (organizer) tersebut akan berfungsi sebagai penyusun  yang mengorganisasikan semua informasi berikutnya yang akan diasimilasikan oleh siswa.
Sintak pembelajaran model advance organizer ini terdiri atas tiga fase, yaitu sebagai berikut.
Fase 1: Penyajian advance organizer
a.          Mengklarifikasi tujuan pengajaran
b.          Menyajikan organizer
¨         Mengidentifikasikan atribut
¨         Memberi contoh-contoh
¨         Menyediakan/mengatur suasana/konteks
¨         Mengulangi.
¨         Memancing dan mendorong pengetahuan dan pengalaman dari siswa.
Fase 2: Penyajian bahan pelajaran
§  Membuat organisasi secara tegas
§  Membuat urutan bahan pelajaran secara logis dan eksplisit
§  Memelihara suasana agar siswa penuh prhatian
§  Menyajikan bahan.
Fase 3” Penguatan organisasi kognitif
§  Menggunakan prinsip-prinsip
§  Meningkatkan kegiatan belajar (belajar menerima)
§  Meningkatkan pendekatan kritis tentang pokok bahasan
§  Mengklarifikasikan.
Dalam penggunaannya, model pembelajaran advance organizer ini mempunyai dampak pengajaran langsung