SEKUNYIT NEGERIKU

KENALI SEJARAH TEMPAT LAHIR ANDA

Pernah di dengung dengungkan,, kalau seorang pemuda yang hebat adalah seorang pemuda yang menghargai sejarah, berlandaskan paradikma inilah saya mencoba memaparkan sejarah berdirinya desa SEKUNYIT, ya tempat beta dilahirkan,, siang ini lah di cube bukak referensi tentang desa sekunyit, lah betanye pule dengan tetuhe yng kental pengalaman dengan desa Sekunyit. Luar biasa... kota kelahiranku ini memiliki sejuta sejarah yang bangga unt di publikasikan....
simaklah salah satu kutipan ndai kwn2 ini..
ungkapan Almarhum Bpk Muktar Mungkin ditemui tetap 40 Hari sebelum wafat beliau " Sekunyit adalah sentra Hidup bagi 5 desa (sinar pagi, Pengubaian, Padang Binjai, Sukaraja dan Kasuk Baru) karna sebagian besar penduduk desa tersebut bermata pencarian sebagai nelayan yang berlabuh di pelabuhan sekunyit, selain itu sekunyit memiliki areal lahan persawahan yang luas yang digarap sebagian besar penduduk desa tersebut. sekunyit juga sangat strategis dalam hal mata pencarian, karna desa sekunyit diapit oleh dua sungai yang menyediakan berbagai jenis ikan yang memanjakan penduduk unt menangkap limpahan kekayaan sungai. sungai itu bernama "Muara Sekunyit dan Air sempanas"
berikut sejarah singkat yang saya dapat dari literatur lain yang menyangkut sejarah desa sekunyit.
Pada tahun 1917 desa Sekunyit sudah ada.Desa Sekunyit dulunya hanya ada 11 rumah penduduk. Pada tahun 1918 terjadi peristiwa air muara menjadi kuning seperti kunyit dari dasar sungai sampai kedasar laut dari pinggir sampai ketengah lautan.Pada tahun 1948 desa ini dinamakan desa Sekunyit.
Pada tahun 1921 jumlah penduduk desa Sekunyit ada 17 keluarga Desa Sekunyit Marga Bandar Bintuhan. Sebelum air Sepanas dinamakan air Sepanas, air itu dinamakan air lagan. Konon ceritanya pada zaman dahulu ada seorang bermimpi ada 5 buah kapal yang akan berlabuh dipelabuhan Manjau dengan nama kapal Bajau.Dinamakan pelabuhan Manjau karena airnya bisa mendekati air Muara Tetap dan pernah pula mendekati air Sekunyit ia pun melihat banyakorang meninggal di bawah jembatan Air Lagan satu persatu disaat itulah air Lagan dinamakan Air Sepanas. Pelabuhan dinamakan pelabuhan Bajau karena kapal itu bernama Bajau.
Pada tahun 1982 Sekunyit ditimpa musibah dibalik Rizki terdampar 1 buah kapal yang bernama kapal Pertiwi. Musibah bagi orang mempunyai kapal Rizki bagi Sekunyit itu mendatangkan Rezeki. Pada tahun 1985 berdiri organisasi Muhammadiyah yang dipimpin oleh datuk Pikir dan Mabadih. Kemudian pada tahun yang sama didirikan juga sekolah MIM dengan swadaya masyarakat desa Sekunyit
Pada tahun 1981 masyarakat Bandar mengeluh kepada pemerintah setempat. Pada tahun 1982 pemerintah desa ingin membangun rumah sekolah SD dan SMA. Dengan memberi janji pada masyarakat siapa yang mewakafkan tanah miliknya maka anak mereka sekolah tanpa biaya sampai tamat sekolah.pariwisata memang tak pernah luput dari incaran kita,, terutama bagi seseorang yang mau melepas penak dengan berbagi macam aktifitas..
di dunia ini ada begitu banyak objek wisata yang menawarkan keindahan alami bagi wisatawan. objek wisata yang beraneka ragam itu sangat menyulitkan sebagian kalangan yang ingin berkunjung menikmati ke indahannya..
di Propinsi Bengkulu bagian Selatan terdapat objek wisata yang sangat mengagumkan pemandanganya yaitu Pantai Sekunyit
Sekunyit Beach terletak di bagian selatan kabupaten kaur tepatnya di desa sekunyit kecamatan kaur selatan kabupaten kaur. Sekunyit Beach adalah sebutan turis manca negara untuk pantai sekunyit. pantai sekunyit memilki keindahan pantai yang alami, dengan gugusan teluk yang membentang indah nan biru. pemandangan Indah pantai sekunyit telah di akui turis manca negara, begitu banyak wisatawan asing yang menikmati pemandangan alamnya. pasirnya yang putih bersih serta kejernihan airnya sangat memikat anda. selain itu, pantai sekunyit juga memiliki pemandangan bawah laut yang memukau. terumbu karang serta dunia bawah laut yang masih sangat alami.

untuk pembahasan profil sekunyit, sekolah Perdana di sekunyit, sejarah lapangan sepak bola Desa sekunyit, Sejarah Pinang Tawar Sekunyit, Sejarah PS HW sekunyit, keindahan pantai sekunyit kite bahas lain waktu saje.. We are Sekunyit community _SEPEHAM SEUYUNAN