Subyect Specifik Pedagogic (SSP) Bahasa Indonesia Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KD 1.1 Mendengarkan

Subyect Specifik Pedagogic (SSP) Bahasa Indonesia
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
PPGSD Pra Jabatan

Satuan Pendidik          : SD Negeri 08 Kota Bengkulu
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Materi                          : Teks Penjelasan Narasumber
Kelas/ Semester           : V/ I
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (2 x 35 menit)
Standar Kompetensi   : Mendengarkan
1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan.

A      Kompetensi Dasar
1.1.Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll) dengan memperhatikan santun berbahasa

B       Indikator
1.     Kognitif
a.       Kognitif Produk
1)      Menentukan hal-hal penting dari penjelasan narasumber yang didengar (C3-Pengetahuan Konseptual)
b.      Kognitif Proses
1)      Menulis pernyataan berdasarkan penjelasan narasumber yang didengar (C1-Pengetahuan Faktual)
2)      Mengemukakan pendapat tentang pernyataan berdasarkan penjelasan narasumber yang didengar (C2-Pengetahuan Konseptual)
2.     Afektif
1)      Mendengarkan penjelasan narasumber (mendengarkan/ menghayati)
2)      Bekerja sama dengan baik dalam menulis pernyataan berdasarkan penjelasan narasumber yang didengar (membentuk pendapat/ mengelola)
3)      Menjadi ketua yang mampu memotivasi anggota kelompok ketika kerja kelompok (berakhlak mulia/ menghayati)
4)      Menjadi anggota yang sopan dan santun ketika kerja kelompok (cinta damai/ berakhlak mulia/ menghayati)
5)       Menghormati sesama dan menghargai pendapat orang lain (toleransi/ berakhlak mulia/ menghayati)
6)      Melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab (mematuhi aturan/ menerima)
7)      Mampu berkomunikasi secara lisan (bersahabat/ komunikatif/ mengkompromikan/ menanggapi)
3.     Psikomotor
1)      Menanggapi penjelasan dari narasumber (mempertajam / artikulasi)
2)      Menggunakan kalimat yang benar ketika menanggapi penjelasan dari narasumber (menggunakan/ artikulasi)
3)      Melaporkan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan bahasa yang santun (menggunakan/ mempertajam/ artikulasi)

C       Tujuan Pembelajaran
1.     Kognitif
a.       Kognitif Produk
1)      Melalui rekaman yang diperdengarkan kepada siswa, siswa dapat menentukan hal-hal penting dari penjelasan narasumber yang didengar (C3-Pengetahuan Konseptual)
b.      Kognitif Proses
1)      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menulis pernyataan berdasarkan penjelasan narasumber yang didengar (C1-Pengetahuan Faktual)
2)      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengemukakan pendapat tentang pernyataan berdasarkan penjelasan narasumber yang didengar (C2-Pengetahuan Konseptual)
2.     Afektif
1)      Melalui penugasan, siswa dapat mendengarkan penjelasan narasumber (mendengarkan/ menghayati)
2)      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dengan baik dalam menulis pernyataan berdasarkan penjelasan narasumber yang didengar (membentuk pendapat/ mengelola)
3)      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjadi ketua yang mampu memotivasi anggota kelompok ketika kerja kelompok (berakhlak mulia/ menghayati)
4)      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjadi anggota yang sopan dan santun ketika kerja kelompok (cinta damai/ berakhlak mulia/ menghayati)
5)      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menghormati sesama dan menghargai pendapat orang lain (toleransi/ berakhlak mulia/ menghayati)
6)      Melalui penugasan, siswa dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab (mematuhi aturan/ menerima)
7)      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mampu berkomunikasi secara lisan (bersahabat/ komunikatif/ mengkompromikan/ menanggapi)
3.     Psikomotor
1)      Melalui tanya jawab, siswa dapat menanggapi penjelasan dari narasumber (mempertajam / artikulasi)
2)      Melalui penugasan, siswa dapat menggunakan kalimat yang benar ketika menanggapi penjelasan dari narasumber (menggunakan/ artikulasi)
3)      Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan bahasa yang santun (menggunakan/ mempertajam/ artikulasi)

D      Materi Pembelajaran
Teks Penjelasan Narasumber

E       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Cooperative Learning Tipe Think Pair and Share (TPS)
2.      Metode            : Tanya jawab, ceramah, penugasan dan diskusi kelompok

F        Skenario Pembelajaran
Ø  Pra Kegiatan Pembelajaran
1.      Guru membuat rencana pembelajaran
2.      Guru menyiapkan alat peraga
3.      Guru membuat LDS
Ø  Kegiatan Awal (± 10 menit)
1.      Guru mengkondisikan kelas dengan mengecek kehadiran, berdoa, dan lain-lain
2.      Guru melakukan apersepsi dengan memberi motivasi dan menggali pengetahuan awal siswa.
3.      Guru mengemukakan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Ø  Kegiatan Inti (± 45 menit)
1.      Guru menjelaskan materi pelajaran secara singkat yang berkaitan dengan menentukan hal-hal penting dari penjelasan narasumber yang didengar
2.      Guru memutar rekaman penjelasan dari narasumber
3.      Siswa diminta untuk mendengarkan penjelasan narasumber dan mencatat hal-hal penting dari penjelasan narasumber yang didengar (Thinking)
4.      Siswa dibagi menjadi beberapa pasangan / kelompok, setiap pasangan / kelompok terdiri atas 2 orang siswa ( teman sebangku)
5.      Setiap pasangan / kelompok menerima LDS dari guru
6.      Secara berpasangan / berkelompok siswa melakukan diskusi (Pairing)
7.      Siswa mendapatkan bimbingan dari guru
8.      Wakil kelompok menuliskan hasil diskusinya
9.      Wakil kelompok melaporkan hasil kerja kelompoknya, dan kelompok lain menanggapi (Sharing)
10.  Siswa mendapat penguatan dari guru
11.  Guru memantapkan materi pelajaran
12.  Siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan materi pelajaran yang belum dipahami
Ø  Kegiatan Menutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pelajaran
2.      Guru memberikan evaluasi
3.      Guru melakukan refleksi dan memberi tindak lanjut


G      Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Sumber
a.       Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
b.      Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD
c.       Tim Bina Karya Guru. 2007. Bina Bahasa Indonesia untuk SD Kelas V. Jakarta: Erlangga.
2.      Media pembelajaran: Rekaman Penjelasan Narasumber

H      Penilaian
a.       Teknik Penilaian
Penilaian dilakukan dalam bentuk tes tertulis dan pengamatan
b.      Bentuk Instrumen
1.      Tes digunakan untuk mengevaluasi kognitif produk
2.      Nontes untuk mengevaluasi kognitif proses, afektif membangun karakter dan psikomotor.
c.       Bentuk Tes: tes tertulis






Lampiran 1
Lembar Diskusi Siswa (LDS)
Nama Kelompok         :
1.       
2.       
Petunjuk:
1.      Dengarkan rekaman penjelasan narasumber dengan seksama.
2.      Catatlah hal-hal penting dari penjelasan narasumber.
3.      Bacalah soal lembar diskusi siswa ini dengan baik kemudian jawablah soal dengan benar.

Soal:
Kamu sudah menentukan hal-hal penting dari penjelasan narasumber. Sekarang, coba tulis pendapatmu tentang hal-hal penting yang telah kamu catat itu !














 














Lampiran 3
Evaluasi
Lampiran 2
Evaluasi

Setelah mendengarkan penjelasan narasumber, lengkapi kalimat-kalimat di bawah ini dengan kata yang tepat !
1.      Pak Munandar adalah Kepala Desa di Kampung….
2.      Penduduk Desa Kampung Limo berjumlah sekitar….
3.      Mereka terbagi ke dalam….
4.      Di setiap RW di Desa Kampung Limo ada kegiatan….
5.      Mereka yang melakukan ronda malam, yaitu …. dan ….
6.      Setiap hari, orang melakukan ronda malam berjumlah …. sampai …. orang.
7.      Mereka yang melakukan ronda malam, di setiap akhir bulan akan mendapatkan….
8.      Upah ronda didapat dari…. para warga.
9.      Besar sumbangan tidak….
10.  Tujuan diadakannya siskamling adalah untuk menciptakan keadaaan….










Lampiran 3
Kunci Lembar Diskusi Siswa

Jawaban soal: Kamu sudah menentukan hal-hal penting dari penjelasan narasumber. Sekarang, coba tulis pendapatmu tentang hal-hal penting  yang telah kamu catat itu !
Skor
Kognitif Proses
Kognitif Produk
Afektif Membangun Karakter
Psikomotor
100
























Lampiran 4
Kunci Evaluasi
Jawaban soal:
Skor
Kognitif Proses
Kognitif Produk
Afektif Membangun Karakter
Psikomotor
100


























Lampiran 5
Lembar Pengamatan Afektif Membangun Karakter

Petunjuk
Amatilah ketika siswa melaksanakan tugas/ diskusi lalu berilah skor pada aspek pengamatan dengan berpaduan pada cara pemberian skor.
No.
Nama Siswa
Aspek yang diamati
Jumlah
Nilai Akhir
A
B
C
D
E
F
G


















Keterangan
1.      Aspek
A      = Mendengarkan penjelasan narasumber
B       = Bekerja sama dengan baik dalam menulis pernyataan berdasarkan penjelasan narasumber yang didengar
C       = Menjadi ketua yang mampu memotivasi anggota kelompok ketika kerja kelompok
D      = Menjadi anggota yang sopan dan santun ketika kerja kelompok
E       = Menghormati sesama dan menghargai pendapat orang lain
F        = Melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab
G      = Mampu berkomunikasi secara lisan

2.      Skor
     Berilah nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 0 (minimal)
a.       Nilai 4 jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas/ sering
b.      Nilai 3 jika muncul tetapi tidak sering (minimal 3 kali)
c.       Nilai 2 jika muncul beberapa kali (minimal 2 kali)
d.      Nilai 1 jika muncul minimal 1 kali
e.       Nilai 0 jika indikator tidak pernah muncul

NA (Nilai Akhir) =





















Lampiran 6
Lembar Pengamatan Psikomotorik

Petunjuk
Amatilah ketika siswa melaksanakan tugas/ diskusi lalu berilah skor pada aspek pengamatan dengan berpaduan pada cara pemberian skor.
No.
Nama Siswa
Aspek yang diamati
Jumlah
Nilai Akhir
Menanggapi penjelasan dari narasumber
Menggunakan kalimat yang benar ketika menanggapi penjelasan dari narasumber
Melaporkan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan bahasa yang santun















Keterangan:
Berilah nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 0 (minimal)
a.       Nilai 4 jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas/ sering
b.      Nilai 3 jika muncul tetapi tidak sering (minimal 3 kali)
c.       Nilai 2 jika muncul beberapa kali (minimal 2 kali)
d.      Nilai 1 jika muncul minimal 1 kali
e.       Nilai 0 jika indikator tidak pernah muncul

NA (Nilai Akhir) =