From ARI YANTO
JARING-JARING TEMATIK
TEMA : Kesehatan
KELAS : III
SEMESTER : I
Kesahatan |
Bahasa Indonesia 1) Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan ( C2-pengetahuan konseptual) 2) Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan. ( C3-pengetahuan prosedural) |
Matematika 1. Menjelaskan satuan panjang. ( C2-pengetahuan konseptual) 2. Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan ( C3-Pengetahuan Prosedural) |
Seni Budaya dan Keterampilan 1. Mempolakan gambar dengan perpaduan motif hias dan warna. (C2-pengetahuan prosedural) |
SILABUS TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD Negeri 11 Kota Bengkulu
Kelas/semester : III/I
Tema : Kesehatan
Standar Kompetensi : Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Matematika
2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
Seni Budaya dan keterampilan
1. Mengekpresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Belajar |
Bahasa Indonesia 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan | Bahasa Indonesia 1) Kognitif a. Kognitif produk 1) Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan ( C2-pengetahuan konseptual) 2) Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan. ( C3-pengetahuan prosedural) b. Kognitif proses 1) Menyebutkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan. (C1-pengetahuan faktual) 2) Mengidentifikasi petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan. ( C1- pengetahuan konseptual) 2) Afektif a) karakter Memperjelas petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan dengan berani. (menilai) b) keterampilan sosial Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu dengan toleransi. (menghayati) 3) Psikomotor Menempatkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan dengan tepat. (memanipulasi). | Melakukan Petunjuk | 1. Siswa dapat melakukan sesuatu tentang kebersihan berdasarkan petunjuk yang dibaca. 2. Siswa dapat mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan. | Teknik : 1. Tes · Instrumen : Soal · Bentuk : essai 2. Non tes · Instrumen : lembar observasi · Bentuk : rubrik | 2 Jp × 35 menit | v KTSP 2006 SD v Silabus Bahasa Indonesia kelas III semester I SD v Wardisy Edi. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional v Papan petunjuk v Foto kopi petunjuk melakukan sesuatu mengenai kebersihan |
Matematika 2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah | Matematika 1. Kognitif a. Kognitif produk 1) Menjelaskan satuan panjang. ( C2-pengetahuan konseptual) 2) Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan (C3-pengetahuan prosedural) b. Kognitif proses 1) Menyebutkan satuan panjang ( C1-pengetahuan konseptual) 2) Membandingkan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan (C2-pengetahuan faktual) 2. Afektif a. Karakter 1) Menunjukkan satuan panjang dengan teliti. (menghayati) 2) Memilih meteran kain ,meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan (menerima). b. Keterampilan sosial Mengkompromikan dengan teliti untuk mengukur tinggi badan menggunakan meteran kain, meteran saku dan penggaris. (menanggapi) 3. Psikomotor a. Menempatkan satuan panjang berdasarkan benda yang diukur. (memanipulasi) b. Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan. (artikulasi) | Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya | 3. Siswa dapat menjelaskan satuan panjang. 4. Siswa dapat menjelaskan fungsi satuan panjang. 5. Siswa dapat menggunakan satuan panjang dalam kehidupan sehari-hari. | Teknik : 1. Tes · Instrumen : Soal · Bentuk : essai 2. Non tes · Instrumen : lembar observasi · Bentuk : rubrik | 2 Jp × 35 menit | v KTSP 2006 SD v Silabus matematika kelas III semester I SD v Fajariyah, Nur. 2008. Cerdas Berhitung Matematika kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional v LDS v Meteran kain v Meteran saku v penggaris |
Seni Budaya dan Keterampilan 2.1Mengapresiasikan diri melalui gambar imajinatif mengenai kesehatan | Seni Budaya dan Keterampilan 1. Kognitif a. Kognitif produk 1) Mempolakan gambar imajinatif mengenai kesehatan (C2-pengetahuan prosedural) 2) Menyesuaikan pilihan warna dengan gambar imajinatif mengenai kesehatan. (C3-pengetahuan konseptual) b. Kognitif Proses 1) Menggambar imajinatif mengenai kesehatan. (C1-pengetahuan faktual) 2) Mentabulasi pilihan warna dengan gambar imajinatif mengenai kesehatan. (C1-pengetahuan faktual) 2. Afektif a. Karakter 1) Menata gambar imajinatif mengenai kesehatan. (mengelola) b. Keterampilan sosial 1) Mematuhi aturan pilihan warna dalam gambar imajinatif mengenai kesehatan. (menerima) 3. Psikomotor Memadankan warna dengan gambar imajinatif mengenai kesehatan. (artikulasi) | Ayo Mewarnai | 3. Siswa dapat menggambar imajinatif mengenai kesehatan 4. Siswa dapat mewarnai gambar imajinatif. | Teknik : 1. Non tes · Instrumen : lembar observasi · Bentuk : rubrik | 2 Jp × 35 menit | v KTSP 2006 SD v Silabus matematika kelas III semester I SD. v Gambar tentang kesehatan |
SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)
Tematik Berbasis Kelas
Satuan Pendidikan : SD Negeri 11 Kota Bengkulu
Mata Pelajaran : Tematik
Kelas/semester : III/I
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran
Pertemuan : 1 × pertemuan
Tema : Kesehatan
A. Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Matematika
1. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
Seni Budaya dan Keterampilan
1. Mengekpresikan diri melalui karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
Matematika
2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
Seni Budaya dan Keterampilan
1.1 Mengapresiasikan diri melalui gambar imajinatif mengenai kesehatan.
C. Indikator
Bahasa Indonesia
1. Kognitif
a. Kognitif produk
1) Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan ( C2-pengetahuan konseptual)
2) Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan. ( C3-pengetahuan prosedural)
b. Kognitif proses
1) Menyebutkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan. (C1-pengetahuan faktual)
2) Mengidentifikasi petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan. ( C1- pengetahuan konseptual)
2. Afektif
a. karakter
Memperjelas petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan dengan berani. (menilai)
b. Keterampilan sosial
Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu dengan toleransi. (menghayati)
3. Psikomotor
Menempatkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan dengan tepat. (memanipulasi).
Matematika
1. Kognitif
a. Kognitif produk
1) Menjelaskan satuan panjang. ( C2-pengetahuan konseptual)
2) Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan (C3-pengetahuan prosedural)
b. Kognitif proses
1) Menyebutkan satuan panjang ( C1-pengetahuan konseptual)
2) Membandingkan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan (C2-pengetahuan faktual)
2. Afektif
a. Karakter
1) Menunjukkan satuan panjang dengan teliti. (menghayati)
2) Memilih meteran kain ,meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan (menerima).
b. Keterampilan sosial
Mengkompromikan dengan teliti untuk mengukur tinggi badan menggunakan meteran kain, meteran saku dan penggaris. (menanggapi)
3. Psikomotor
a. Menempatkan satuan panjang berdasarkan benda yang diukur. (memanipulasi)
b. Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan. (artikulasi)
Seni Budaya dan Keterampilan
1. Kognitif
a. Kognitif produk
1) Mempolakan gambar imajinatif mengenai kesehatan (C2-pengetahuan prosedural)
2) Menyesuaikan pilihan warna dengan gambar imajinatif mengenai kesehatan. (C3-pengetahuan konseptual)
b. Kognitif Proses
1) Menggambar imajinatif mengenai kesehatan. (C1-pengetahuan faktual)
2) Mentabulasi pilihan warna dengan gambar imajinatif mengenai kesehatan. (C1-pengetahuan faktual)
2. Afektif
a. Karakter
1) Menata gambar imajinatif mengenai kesehatan. (mengelola)
b. Keterampilan sosial
1) Mematuhi aturan pilihan warna dalam gambar imajinatif mengenai kesehatan. (menerima)
3. Psikomotor
Memadankan warna dengan gambar imajinatif mengenai kesehatan. (artikulasi).
D. Tujuan Pembelajaran
Bahasa Indonesia
1. Kognitif
a. Kognitif produk
1) Melalui bimbingan guru dengan menggunakan media papan petunjuk, siswa dapat menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan ( C2-pengetahuan konseptual).
2) Melalui media papan petunjuk, siswa dapat mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan. ( C3-pengetahuan prosedural)
b. Kognitif proses
1) Melalui tanya jawab dan bimbingan guru, siswa dapat menyebutkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan. (C1-pengetahuan faktual)
2) Melalui bimbingan guru dan LDS, siswa dapat mengidentifikasi petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan. ( C1- pengetahuan konseptual)
2. Afektif
a. karakter
Melalui diskusi kelas dan bimbingan guru, siswa dapat memperjelas petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan dengan berani. (menilai)
b. Keterampilan sosial
Melalui tanya jawab dan bimbingan guru, siswa dapat mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu dengan toleransi. (menghayati)
3. Psikomotor
Melalui media papan petunjuk, siswa dapat menempatkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan dengan tepat. (memanipulasi).
Matematika
1. Kognitif
a. Kognitif produk
1) Melalui tanya jawab dan bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan satuan panjang. ( C2-pengetahuan konseptual)
2) Melalui penugasan dan diskusi kelompok, siswa dapat menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan (C3-pengetahuan prosedural)
b. Kognitif proses
1) Melalui tanya jawab dan media gambar, siswa dapat menyebutkan satuan panjang ( C1-pengetahuan konseptual)
2) Melalui penugasan dan LDS, siswa dapat membandingkan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan (C2-pengetahuan faktual)
2. Afektif
a. Karakter
1) Melalui media gambar, siswa dapat menunjukkan satuan panjang dengan teliti. (menghayati)
2) Melalui media kongkrit, siswa dapat memilih meteran kain ,meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan (menerima).
b. Keterampilan sosial
Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengkompromikan dengan teliti untuk mengukur tinggi badan menggunakan meteran kain, meteran saku dan penggaris. (menanggapi)
3. Psikomotor
a. Melalui media gambar, siswa dapat menempatkan satuan panjang berdasarkan benda yang diukur. (memanipulasi)
b. Melalui penugasan, siswa dapat menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan. (artikulasi)
Seni Budaya dan Keterampilan
1. Kognitif
a. Kognitif produk
1) Melalui bimbingan guru, siswa dapat mempolakan gambar imajinatif mengenai kesehatan (C2-pengetahuan prosedural)
2) Melalui bimbingan guru, siswa dapat menyesuaikan pilihan warna dengan gambar imajinatif mengenai kesehatan. (C3-pengetahuan konseptual)
b. Kognitif Proses
1) Melalui media yang disediakan oleh guru, siswa dapat menggambar imajinatif mengenai kesehatan. (C1-pengetahuan faktual)
2) Melalui bimbingan guru, siswa dapat mentabulasi pilihan warna dengan gambar imajinatif mengenai kesehatan. (C1-pengetahuan faktual)
2. Afektif
a. Karakter
1) Melalui penugasan, siswa dapat menata gambar imajinatif mengenai kesehatan. (mengelola)
b. Keterampilan sosial
1) Melalui penugasan dan bimbingan guru, siswa dapat mematuhi aturan pilihan warna dalam gambar imajinatif mengenai kesehatan. (menerima)
3. Psikomotor
Melalui penugasan dan bimbingan guru, siswa dapat Memadankan warna dengan gambar imajinatif mengenai kesehatan. (artikulasi).
E. Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
· Melakukan petunjuk
Matematika
· Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya
· Alat ukur panjang
Seni Budaya dan Keterampilan
· Ayo mewarnai !
F. Kegiatan pembelajaran
Waktu : 6 × 35 menit
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Keterampilan
1. Pendahuluan
a. Pra Kegiatan (± 10 menit)
1) Siswa berbaris di depan kelas
2) Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.
b. Kegiatan Pembuka (± 15 menit)
1) Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
2) Guru dan siswa berdoa bersama
3) Guru mengecek kehadiran siswa
4) Guru menyampaikan apersepsi dengan bernyanyi lagu “bangun tidur” dan mengaitkan dengan tema yaitu misalnya anak-anak tadi kita telah menyanyikan lagu bangun tidur, dalam lagu tadi apa yang kalian lakukan?..mandi buk..gosok gigi buk…dst. Nah semua itu kita lakukan agar diri kita menjadi sehat..jadi kita akan belajar mengenai kesehatan.
5) Guru menuliskan tema pembelajaran di papan tulis
6) Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (±150 menit)
1) Siswa diberi penjelasan.misalnya: Anak-anak tadi kalian sudah tahu cara menjaga kebersihan diri agar hidup kita sehat.sekarang ibu akan memberikan sebuah petunjuk cara melakukan kebersihan di rumah dan disekolah.
2) Guru memberikan petunjuk kegiatan yang akan dilaksanakan.
3) Guru mengaitkan materi pelajaran yaitu : Anak –anak tadi kalian sudah melihat petunjuk kegiatan .sekarang kalian coba sebutkan kembali bagaimana cara merawat lingkungan rumah dan sekolah yang baik.
4) Beberapa siswa di beri kesempatan untuk menyebutkan cara merawat lingkungan sekitar rumah dan sekolah.
5) Guru memberi penguatan dengan kata bagus , baik dan sejenisnya.
6) Guru mengaitkan materi pelajaran yaitu ; Anak – anak tadi kalian sudah tahu salah satu cara merawat lingkungan sekolah adalah membuang sampah diantaranya sampah berbentuk kertas.coba disekeliling kalian ada kertas tidak? Sekarang coba kalian ukur kertas yang kalian punya dengan menggunakan penggaris.
7) Guru memberikan penjelasan materi tentang alat ukur panjang.
8) Guru membagi siswa kedalam kelompok belajar yang terdiri dari 4-5 orang
9) Guru membagikan LDS
10) Guru menampilkan media gambar alat ukur panjang
11) Siswa menemutunjukkan alat ukur panjang dengan fungsinya.
12) Beberapa siswa ditampilkan ke depan kelas untuk menampilkan hasil diskusi
13) Guru mengaitkan materi pelajaran yaitu: anak-anak dari media yang ibu tampilkan tadi, coba kalian perhatikan warna apa saja yang terdapat dalam media tersebut? Coba kalian sebutkan warna-warna yang lainnnya.
14) Guru menampilkan gambar yang memuat slogan kesehatan.
15) Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menggambar imajinatif bertemakan kesehatan.
16) Guru membimbing siswa dan memberi penguatan kepada siswa.
3. Kegiatan Akhir (± 35 menit)
1) Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
2) Siswa menggerjakan evaluasi
3) Guru memberikan tindak lanjut berupa pemberian tugas menceritakan kegiatan merawat lingkungan rumah masing-masing.
G. Model dan metode pembelajaran
1. Model : Tematik Berbasis Kelas
2. Metode : ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, diskusi dan pengamatan.
H. Sumber dan media belajar
a. Sumber belajar
1. KTSP 2006 SD
2. Silabus tematik kelas III SD
3. Wardisy Edi. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
4. Fajariyah, Nur. 2008. Cerdas Berhitung Matematika kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
5. LDS
b. Media pembelajaran
1. Meteran kain
2. Meteran saku
3. penggaris
4. Papan petunjuk
5. Foto kopi petunjuk melakukan sesuatu mengenai kebersihan
I. Penilaian
1. Prosedur : proses dan hasil
2. Teknik : evaluasi
3. Bentuk :lembar pengamatan dan tes
Bengkulu, Agustus 2011
Guru Pamong | Peserta PPG SD Angkatan IV Sesty Marya, S.Pd |
Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan
Lampiran 1
Lembar penilaian kognitif proses
Nama Kelompok :
Anggota : 1.
2.
3.
Alokasi waktu : 15 menit
Tujuan LDS : mengukur tinggi badan
Tanggal :
Petunjuk :
1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang.
2. Ukurlah tinggi badan anggota kelompokmu.
3. Catatlah pada tabel seperti berikut:
No. | Nama Anak | Tinggi Badan (Cm) |
Lampiran 2
Lembar Penilaian Kognitif Produk
Bahasa Indonesia
Perhatikan papan petunjuk yang ada di depan kelas
pernyataan berikut dengan meberi tanda benar atau salah!
1. Cara membersihkan lingkungan rumah
a. Menyapu lantai dengan baik. (………………)
b. Membiarkan binatang ternak masuk kerumah (……………….)
c. Membuang sampah pada tempatnya (……………….)
d. Mengepel lantai dengan pewangi (…………..)
e. Menata halaman rumah dengan rapi (……………)
Matematika
2. Lengkapilah tabel di bawah ini !
No. | Gambar | Nama | Fungsi |
1. | |||
2. | |||
3. | |||
4. | |||
5. |
Seni budaya dan keterampilan
Buatlah gambar dengan tema kesehatan !
Lampiran 3
Kunci Jawaban Penilaian Produk
1. Cara membersihkan lingkungan rumah
a. Menyapu lantai dengan baik. (benar)
b. Membiarkan binatang ternak masuk kerumah (salah)
c. Membuang sampah pada tempatnya (benar)
d. Mengepel lantai dengan pewangi (benar)
e. Menata halaman rumah dengan rapi (benar)
Skor | Kognitif Proses | Kognitif Produk | Afektif | Psikomotor |
Skor 100 | Menentukan cara membersihkan lingkungan rumah. (C3-pengetahuan konseptual) Skor 30 | Menemukan jawaban petunjuk cara membersihkan lingkungan rumah ( C4-prosedural) Skor 40 | Mendengarkan arahan guru tentang petunjuk cara membersihkan lingkungan rumah. (A4-menghayati) Skor 20 | Menempatkan cara membersihkan lingkungan dengan tepat. (P2-memanipulasi) Skor 10 |
2. Lengkapilah tabel di bawah ini !
No. | Gambar | Nama | Fungsi | |||||||
1. | Metelin | Mengukur panjang kain | ||||||||
2. | Penggaris | Mengukur panjang buku | ||||||||
3. | Roll meter | Mengukur panjang kayu | ||||||||
4. | altimeter | Mengukur ketinggian pesawat terbang | ||||||||
5. | Pengukur tinggi badan | Mengukur tinggi badan | ||||||||
Skor | Kognitif Proses | Kognitif Produk | Afektif | Psikomotor | ||||||
Skor 100 | Menentukan nama dan fungsi alat ukur panjang (C3-pengetahuan konseptual) Skor 30 | Menganalisis nama dan fungsi alat ukur panjang ( C4-konseptual) Skor 40 | Melengkapi tabel nama dan fungsi alat ukur. (A3-mengelola) Skor 20 | Mengidentifikasi nama dan fungsi alat ukur panjang. (P2-memanipulasi) Skor 10 | ||||||
Lampiran 4
Lembar Penilaian Proses Afektif Karakter
Bahasa indonesia
Indikator:
A. Ketepatan mendengarkan petunjuk
B. Memilih kalimat yang santun
C. Ketepatan melakukan petunjuk
Berilah tanda cheklist pada tabel dibawah ini !
Berikan nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 1 (minimal)
Nilai 4 = jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas dan sering
Nilai 3 = jika muncul namun tidak sering
Nilai 2 = jika muncul tetapi beberapa kal, jarang, atau kadang-kadang saja.
Nilai 1 = jika muncul namun sedikit sekali.
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai (indikator) | Jumlah | |||||||||||
A | B | C | ||||||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
NA (nilai akhir) maksimum = jumlah skor yang diperoleh × 100
Jumlah skor maksimal
Lampiran 5
Lembar Penilaian Proses Afektif Karakter
Matematika
Indikator:
A. Menuliskan nama dan fungsi alat ukur dengan benar
B. Ketepatan mengisi tabel
C. Menempatkan nama dan fungsi alat ukur dengn tepat
Berilah tanda cheklist pada tabel dibawah ini !
Berikan nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 1 (minimal)
Nilai 4 = jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas dan sering
Nilai 3 = jika muncul namun tidak sering
Nilai 2 = jika muncul tetapi beberapa kal, jarang, atau kadang-kadang saja.
Nilai 1 = jika muncul namun sedikit sekali.
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai (indikator) | Jumlah | |||||||||||
A | B | C | ||||||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
NA (nilai akhir) maksimum = jumlah skor yang diperoleh × 100
Jumlah skor maksimal
Lampiran 6
Lembar Penilaian Proses Afektif Karakter
Seni budaya dan keterampilan
Indikator :
A. Memilih warna yang tepat
B. Menampilkan gambar dengan bersih
C. Menunjukkan Kerapian pada gambar
Berilah tanda cheklist pada tabel dibawah ini !
Berikan nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 1 (minimal)
Nilai 4 = jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas dan sering
Nilai 3 = jika muncul namun tidak sering
Nilai 2 = jika muncul tetapi beberapa kal, jarang, atau kadang-kadang saja.
Nilai 1 = jika muncul namun sedikit sekali.
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai (indikator) | Jumlah | |||||||||||
A | B | C | ||||||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
NA (nilai akhir) maksimum = jumlah skor yang diperoleh × 100
Jumlah skor maksimal
Lampiran 7
Lembar Penilaian Proses Afektif keterampilan sosial
Bahasa Indonesia
Indikator :
A. Memilih kalimat yang santun
B. Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan
Berilah tanda cheklist pada tabel dibawah ini !
Berikan nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 1 (minimal)
Nilai 4 = jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas dan sering
Nilai 3 = jika muncul namun tidak sering
Nilai 2 = jika muncul tetapi beberapa kal, jarang, atau kadang-kadang saja.
Nilai 1 = jika muncul namun sedikit sekali.
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai (indikator) | Jumlah | |||||||
A | B | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
NA (nilai akhir) maksimum = jumlah skor yang diperoleh × 100
Jumlah skor maksimal
Lampiran 8
Lembar Penilaian Proses Afektif keterampilan sosial
Matematika
Indikator:
A. Mematuhi aturan yang diberikan guru dalam melaksanakan tugas
B. Membuktikan fungsi alat ukur panjang
Berilah tanda cheklist pada tabel dibawah ini !
Berikan nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 1 (minimal)
Nilai 4 = jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas dan sering
Nilai 3 = jika muncul namun tidak sering
Nilai 2 = jika muncul tetapi beberapa kal, jarang, atau kadang-kadang saja.
Nilai 1 = jika muncul namun sedikit sekali.
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai (indikator) | Jumlah | |||||||
A | B | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
NA (nilai akhir) maksimum = jumlah skor yang diperoleh × 100
Jumlah skor maksimal
Lampiran 9
Lembar Penilaian Proses Afektif keterampilan sosial
Seni budaya dan keterampilan
Indikator :
A. Menunjukkan sikap bersahabat dan komunikatif dalam menggambar
B. Mengkombinasikan warna yang menarik
Berilah tanda cheklist pada tabel dibawah ini !
Berikan nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 1 (minimal)
Nilai 4 = jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas dan sering
Nilai 3 = jika muncul namun tidak sering
Nilai 2 = jika muncul tetapi beberapa kal, jarang, atau kadang-kadang saja.
Nilai 1 = jika muncul namun sedikit sekali.
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai (indikator) | Jumlah | |||||||
A | B | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
NA (nilai akhir) maksimum = jumlah skor yang diperoleh × 100
Jumlah skor maksimal
Lampiran 10
Lembar Penilaian Proses Psikomotor
Bahasa Indonesia
Indikator :
A. Membuat petunjuk cara melakukan kebersihan rumah
B. Membersihkan lingkungan sekolah
Berilah tanda cheklist pada tabel dibawah ini !
Berikan nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 1 (minimal)
Nilai 4 = jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas dan sering
Nilai 3 = jika muncul namun tidak sering
Nilai 2 = jika muncul tetapi beberapa kal, jarang, atau kadang-kadang saja.
Nilai 1 = jika muncul namun sedikit sekali.
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai (indikator) | Jumlah | |||||||
A | B | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
NA (nilai akhir) maksimum = jumlah skor yang diperoleh × 100
Jumlah skor maksimal
Lampiran 11
Lembar Penilaian Proses Psikomotor
Matematika
Indikator:
A. Menempatkan nama dan fungsi alat ukur
B. Mendemonstrasikan cara mengukur tinggi badan
Berilah tanda cheklist pada tabel dibawah ini !
Berikan nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 1 (minimal)
Nilai 4 = jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas dan sering
Nilai 3 = jika muncul namun tidak sering
Nilai 2 = jika muncul tetapi beberapa kal, jarang, atau kadang-kadang saja.
Nilai 1 = jika muncul namun sedikit sekali.
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai (indikator) | Jumlah | |||||||
A | B | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
NA (nilai akhir) maksimum = jumlah skor yang diperoleh × 100
Jumlah skor maksimal
Lampiran 12
Lembar Penilaian Proses Psikomotor
Seni budaya dan keterampilan
Indikator:
A. Menseketsa gambar dengan pilihan warna yang menarik
B. Membuat gambar sesuai dengan tema kesehatan
Berilah tanda cheklist pada tabel dibawah ini !
Berikan nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 1 (minimal)
Nilai 4 = jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas dan sering
Nilai 3 = jika muncul namun tidak sering
Nilai 2 = jika muncul tetapi beberapa kal, jarang, atau kadang-kadang saja.
Nilai 1 = jika muncul namun sedikit sekali.
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai (indikator) | Jumlah | |||||||
A | B | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
NA (nilai akhir) maksimum = jumlah skor yang diperoleh × 100
Jumlah skor maksimal