Langkah ke-1:
Mempelajari dan memahami standar kompetensi dan kompetensi dasar pada kelas dan semester yang sama dari setiap mata pelajaran di kelas I, II, dan III SD dan MI
Langkah ke-2:
Memilih tema yang dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi tersebut untuk setiap kelas dan semester.
Pilihan Tema:
1. Diri Sendiri 2. Keluarga 3. Lingkungan 4. Kegemaran 5. Pengalaman 6. Tumbuh-tumbuhan 7. Binatang 8. Tempat Umum 9. Makanan 10. Permainan 11. Kegiatan Sehari-hari 12. Peristiwa 13. Transportasi 14. Olahraga 15. Hiburan | 16. Kesehatan 17. Kepahlawanan 18. Moral 19. Kebersihan 20. Keindahan 21. Ketertiban 22. Budi Pekerti 23. Parawisata 24. Pertanian 25. Kebiasaan 26. Pergaulan 27. Pedesaan 28. Pendidikan 29. Hidup Hemat 30. Disiplin 31. Kesenian |
Contoh:
Kelas I | Kelas II | ||
Semester 1 | Semester 2 | Semester 1 | Semester 2 |
1. Diri sendiri 2. Keluarga 3. Lingkungan 4. Pengalaman 5. Kegiatan sehari-hari 6. Binatang 7. Tumbuhan 8. Kebersihan 9. Peristiwa 10. Tempat umum | … … … … … … … … … … … | … … … … … … … … … … … | … … … … … … … … … … … |
Catatan:
1. Beberapa prinsip dalam memilih tema: dari yang diketahui ke yang belum diketahui, dari yang dekat ke yang jauh, dari yang sederhana ke yang rumit, dan dari yang konkret ke yang abstrak
2. Tidak ada ketentuan jumlah tema dalam satu satu semester, namun diperkirakan 10 sampai dengan 12 tema.
3. Beberapa tema yang telah dipilih pada satu semester dapat digunakan lagi pada semester berikutnya atau semester lain.
4. Pemilihan tema perlu disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa serta lingkungan setempat.
5. Alokasi waktu pelaksanaan pembelajaran untuk sebuah tema diperkirakan sekitar 2 sampai dengan 3 minggu
6. Pengembangan tema/topik (jika IPA sebagai pusat bahan belajar) dapat berdasarkan :
o Great ideas of science
o Phenomena
o STS
o Lingkungan tertentu
o Objek tertentu