LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN PEMBELAJARAN TEMATIS


Langkah ke-1:
Mempelajari dan memahami standar kompetensi dan   kompetensi dasar pada kelas dan semester yang sama dari setiap mata pelajaran di kelas I, II, dan III SD dan MI


Langkah  ke-2:
Memilih tema yang dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi tersebut untuk setiap kelas dan semester.

Pilihan Tema:

1.                   Diri Sendiri
2.                   Keluarga
3.                   Lingkungan
4.                   Kegemaran
5.                   Pengalaman
6.                   Tumbuh-tumbuhan
7.                   Binatang
8.                   Tempat Umum
9.                   Makanan
10.    Permainan
11.    Kegiatan Sehari-hari
12.    Peristiwa
13.    Transportasi
14.    Olahraga
15.    Hiburan

16.    Kesehatan
17.    Kepahlawanan
18.    Moral
19.    Kebersihan
20.    Keindahan
21.    Ketertiban
22.    Budi Pekerti
23.    Parawisata
24.    Pertanian
25.    Kebiasaan
26.    Pergaulan
27.    Pedesaan
28.    Pendidikan
29.    Hidup Hemat
30.    Disiplin
31.    Kesenian



Contoh:

Kelas I
Kelas II
Semester 1
Semester 2
Semester 1
Semester 2
1.          Diri sendiri
2.          Keluarga
3.          Lingkungan
4.          Pengalaman
5.          Kegiatan sehari-hari
6.          Binatang
7.          Tumbuhan
8.          Kebersihan
9.          Peristiwa
10.      Tempat umum




Catatan:
1.    Beberapa prinsip dalam memilih tema: dari yang diketahui ke yang belum diketahui, dari yang dekat ke yang jauh, dari yang sederhana ke yang rumit, dan dari yang konkret  ke yang abstrak
2.    Tidak ada ketentuan jumlah tema dalam satu satu semester, namun diperkirakan 10 sampai dengan 12 tema.
3.    Beberapa tema yang telah dipilih pada satu semester dapat digunakan lagi pada semester berikutnya atau semester lain.
4.    Pemilihan tema perlu disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa serta lingkungan setempat.
5.    Alokasi waktu pelaksanaan pembelajaran untuk sebuah tema diperkirakan sekitar 2 sampai dengan 3 minggu
6.    Pengembangan tema/topik (jika IPA sebagai pusat bahan belajar) dapat berdasarkan :
o  Great ideas of science
o  Phenomena
o  STS
o  Lingkungan tertentu
o  Objek tertentu