RPP PGSD Terbaru

SILABUS
Sekolah : SDN 20 Kota Bengkulu
Mapel : Bahasa Indonesia Fokus : Berbicara
Kelas/Semester : IV/I
Standar Kompetensi : 2. Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat.

KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI
WAKTU SUMBER
BELAJAR
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut. 1. Kognitif
a. kognitif produk
1. Menjelaskan tempat/letak kelas 4 SDN 20 Kota Bengkulu sesuai dengan gambar denah(c2)
2. Menunjukkan arah denah kelas 4 SDN20 Kota Bengkulu

b. kognitif proses
1. Mennggambar tempat/letak kelas 4 SDN 20 Kota Bengkulu
2. Mengidentifikasi arah denah kelas 4 SDN20 Kota Bengkulu

2. Afektif membngun karakter
a. bekerja sama dengan baik dalam
b. menjadi ketua yang mampu memotifasi anggota ketika kerja keompok
c. menjadi anggota yang sopan dan santun ketika kerja kelompok
d. menghormati sesama dan menghargai pendapat orang lain
e. melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab
f. mampu berkomunikasi secara lisan

3. Psikomotor
a. Mengamati gambar denah lokasi SDN 20
Kota Bengkulu untuk menjelaskan letak tempat SDN 20 Kota Bengkulu
b. Melaporkan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan bahasa yang santun.



Objek di ling-kungan setempat (letak SDN 20 Kota Bengkulu)  Siswa mengamati denah SDN 20 Kota Bengkulu.
 Siswa mencatat ciri-ciri SDN 20 Kota Bengkulu.
 Siswa menjelaskan letak SDN 20 Kota Bengkulu sesuai dengan ciri-ciri pada denah.
Tes Tertulis





Tes tertulis



Non tes: observasi penugasan





Non tes: observasi penugasan










Non tes: observasi penugasan

2x35 Menit 1. Sumber Belajar
a. Silabus KTSP kelas IV SDN 20 Kota Bengkulu
b. Silabus KTSP BSNP
c. Warsidi, Edi. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas. Jakarta : Depdiknas
2. Media : gambar denah, teks bacaan










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SD Negeri 20 Kota Bengkulu
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Fokus : Berbicara
Kelas/Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit (1 x Pertemuan)
Standar Kompetensi : 2. Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat.

A. Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut.
B. Indikator

1. Kognitif
a. kognitif produk
1. Menjelaskan tempat/letak kelas 4 SDN 20 Kota Bengkulu sesuai dengan gambar denah(c2)
2. Menunjukkan arah denah kelas 4 SDN20 Kota Bengkulu

b. kognitif proses
1. Mennggambar tempat/letak kelas 4 SDN 20 Kota Bengkulu
2. Mengidentifikasi arah denah kelas 4 SDN20 Kota Bengkulu

2. Afektif membngun karakter
a. bekerja sama dengan baik dalam
b. menjadi ketua yang mampu memotifasi anggota ketika kerja keompok
c. menjadi anggota yang sopan dan santun ketika kerja kelompok
d. menghormati sesama dan menghargai pendapat orang lain
e. melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab
f. mampu berkomunikasi secara lisan

4. Psikomotor
a. Mengamati gambar denah lokasi SDN 20
Kota Bengkulu untuk menjelaskan letak tempat SDN 20 Kota Bengkulu
b. Melaporkan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan bahasa yang santun.

C. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. kognitif produk
a. Melalui diskusi dan menggambar denah letak kelas 4 SDN 20 Kota Bengkulu, siswa dapat menjelaskan tempat/letak kelas 4 SDN 20 Kota Bengkulu sesuai dengan gambar denah.
b. Melalui diskusi dan pengamatan denah, siswa dapat menunjukkan arah denah kelas 4 SDN20 Kota Bengkulu

b. kognitif proses
a. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menggambar tempat/letak kelas 4 SDN 20 Kota Bengkulu
b. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi arah denah kelas 4 SDN20 Kota Bengkulu

2. Afektif membngun karakter
a. Mampu bekerja sama dengan baik dalam
b. Mampu menjadi ketua yang mampu memotifasi anggota ketika kerja keompok
c. Mampu menjadi anggota yang sopan dan santun ketika kerja kelompok
d. Mampu menghormati sesama dan menghargai pendapat orang lain
e. Mampu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab
f. Mampu mampu berkomunikasi secara lisan

5. Psikomotor
c. Mengamati gambar denah lokasi SDN 20
Kota Bengkulu untuk menjelaskan letak tempat SDN 20 Kota Bengkulu
d. Melaporkan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan bahasa yang santun.

D. Materi Pembelajaran
Berbicara
1. Menjelaskan tempat kelas 4 SDN Kota Bengkulu sesuai dengan gambar.

E. Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran
1. Pendekatan : inkuiri
2. Teknik/strategi : tanya jawab, diskusi, pemberian tugas

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal (10 menit)
1. Mengecek kesiapan kesiapan belajar siswa, ruang kelas, dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran.
2. Guru melakukan apersepsi, anak diminta menceritakan jalan yang dilewati dari rumah ke sekolah.
3. Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
b. Kegiatan inti (45 menit)
1. Guru menjelaskan materi pelajaran mengenai denah lokasi SDN 20 Kota Bengkulu
2. Siswa mengamati media gambar denah yang ditempelkan guru di papan tulis.
3. Siswa menyebutkan satu persatu bagian-bagian yang terdapat pada gambar denah.
4. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
5. Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
6. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang langkah-langkah dalam mengerjakan LKS.
7. Dengan bimbingan guru siswa mengerjakan LKS dan berdiskusi untuk (1) membuat denah lokasi kelas 4 SDN 20 Kota Bengkulu, (2) mengidentifikasi arah denah lokasi SDN 20 Kota Bengkulu (3) menjelaskan dengan runtut denah lokasi kelas 4 SDN 20 Kota Bengkulu
8. Beberapa kelompok di minta untuk membacakan hasil diskusi yang telah dikerjakan.
9. Kelompok lain menanggapi.
10. Guru melakukan pemantapan materi
c. Kegiatan akhir (15 menit)
1. Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan guru.
2. Siswa mengerjakan evaluasi
3. Guru memberikan tindak lanjut, siswa diminta untuk membuat denah kamarnya masing-masing di rumah.

G. Sumber Pembelajaran
3. Sumber Belajar
d. Silabus KTSP kelas IV SDN 20 Kota Bengkulu
e. Silabus KTSP BSNP
f. Warsidi, Edi. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas. Jakarta : Depdiknas
4. Media : gambar denah, teks bacaan
 Penilaian
1. Teknik
a. Tes
b. Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
b. Ceklis unjuk kerja
c. Soal































Materi Pembelajaran






Lampiran 1
LEMBAR DISKUSI SISWA
Nama Kelompok: Kelas: Tanggal:
Anggota: 1 ………… 3 ……
2. 4…….
Tujuan : Menjelaskan tempat sesuai dengan gambar.

Buatlah denah ruangan kelasmu !











Pertanyaan:
1. Berdasarkan gambar tersebut jelaskanlah lokasi tempat yang ada di gambar.
2. Jelaskanlah nama tempat yang terdapat pada gambar!



Lampiran 2
KUNCI JAWABAN LDS
Nama Kelompok: Kelas: Tanggal:
Anggota: 1 ………… 3 ……
2. 4…….
Tujuan : Menjelaskan tempat sesuai dengan gambar.

Siswa membuat denah ruangan kelas 4 dengan lengkap, tepat dan terstuktur







1. Siswa menjelaskan dengan bahasa yang baik dan benar serta detil denah ruangan kelas 4 SDN 20 Kota Bengkulu .
2. Siswa menjelaskan dan menunjukkan nama-nama tempat, posisi tempat dan arah tempat dalam ruangan kelas 4 SDN 20 Kota Bengkulu







Lampiran 3
Lembar Penilaian Kognitif Produk
Nama :
Kelas :
Tanggal :
Bentuk tes adalah tes berbicara menjelaskan dengan runtut denah ruangan kelas 4 yang sudah dibuat siswa.
Petunjuk :
Perhatikanlah gambar denah rumah berikut !

Jawablah pertanyaan dibawah ini
1. Ruang apakan yang dekat dengan dapur ?
2. Dari ruang keluarga, kamu ingin kekamar kakak. Kearah mana kamu berjalan ?
3. Dari taman depan kamu ingin merapikan kamar adik. Bagaimana supaya kamu dapat sampai kesana ?




KUNCI JAWABAN
A. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat
1. Ruang yang dekat dengan dapur adalah kamar kecil dan taman samping.
2. Dari ruang keluarga ke kamar kakak saya berjalan ke arah barat.
3. Dari taman depan ingin merapikan kamar adik. Saya berjalan kearah selatan menuju ruang keluarga dan saya berjalan kearah barat menuju ruang makan. Setelah itu saya menuju arah barat lagi sebelah kanan terdapat ruangan kamar adek.








Lampiran 4
Kunci Evaluasi
Jawaban soal nomor 1 : Ruang apakan yang dekat dengan dapur ?
Skor Kognitif Proses Kognitif Produk Afektif Membangun Karakter Psikomotor
100
(Bobot )









Skor ( )









Skor ( )









Skor ( )


Jawaban soal nomor 2 : Dari ruang keluarga, kamu ingin kekamar kakak. Kearah mana kamu berjalan ?
Skor Kognitif Proses Kognitif Produk Afektif Membangun Karakter Psikomotor
100
(Bobot)







Skor (...)







Skor (..)







Skor (...)






Skor (....)
Nilai akhir : jawaban soal nomor satu ( ) + jawaban soal nomor dua ( ) x 100
( )
Lampiran 5
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF MEMBANGUN KARAKTER

No
Nama Siswa Tanggung Jawab
Jumlah
N.A
Memotivasi Sopan dan Santun Menghormati dan Menghargai Tanggung Jawab Berkomunikasi
1 adi
2 Lela
3 Dst

Keterangan :
Berikan nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan 0 (minimal)
Bekerjasama : Nilai 4 jika siswa mampu bekerjasama dengan baik kepada seluruh temannya
Nilai 3 jika siswa mampu bekerjasama dengan teman sekelompoknya
Nilai 2 jika siswa mampu bekerjasama dengan temanya
Nilai 1 jika siswa bekerjasama dengan satu temanya saja
Memotivasi : Nilai 4 jika siswa mampu memotivasi dengan baik kepada seluruh temannya
Nilai 3 jika siswa dapat memotivasi dengan teman sekelompoknya
Nilai 2 jika siswa dapat memotivasi dengan temanya
Nilai 1 jika siswa mampu memotivasi teman sebangkunya saja
Sopan dan Santun : Nilai 4 jika siswa mampu bersikap sopan dan santun kepada seluruh temannya
Nilai 3 jika siswa mampu bersikap sopan dan santun kepada teman sekelompoknya
Nilai 2 jika siswa mampu bersikap sopan dan santun dengan temannya
Nilai 1 jika siswa mampu bersikap sopan dan santun dengan teman sebangkunya saja
Menghormati dan Menghargai : Nilai 4 jika siswa mampu menghormati dan menghargai seluruh temannya
Nilai 3 jika siswa mampu menghormati dan menghargai teman sekelompoknya
Nilai 2 jika siswa mampu menghormati dan menghargai temannya
Nilai 1 jika siswa mampu menghormati dan menghargai teman sebangkunya saja
Tanggung Jawab : Nilai 4 jika siswa bertanggung jawab dengan baik kepada seluruh temanya
Nilai 3 jika siswa bertanggung jawab dengan teman sekelompoknya
Nilai 2 jika siswa bertanggung jawab dengan temanya
Nilai 1 jika siswa bertanggung jawab dengan teman sebangkunya saja
Berkomunikasi : Nilai 4 jika siswa mamapu berkomunikas dengan baik kepada seluruh temanya
Nilai 3 jika siswa mamapu berkomunikas dengan baik kepada teman sekelompoknya
Nilai 2 jika siswa mamapu berkomunikas dengan baik kepada temanya
Nilai 1 jika siswa mamapu berkomunikas dengan baik kepada teman sebangkunya saja












Lampiran 6


No Aspek yang dinilai
Nama Siswa Melaporkan hasil diskusi dengan menggunakan bahasa lisan yang santun Menanggapi hasil diskusi dengan menggunakan bahasa lisan yang santun Jumlah N.A
1 Yono
2 Sifah
3 Dst


Aspek komunikasi :
A. kebahasaan
1. menggunakan lapal dan intonasi yang tepat
2. memilih kata yang tepat dan sesuai
3. menggunakan kalimat yang benar dan efektif
4. memberikan penjelasan yang sistematis dan logis

B. Aspek Non Kebahasaan
1. Mendengarkan dan memperhatikan lawan bicara
2. Tidak memotong pembicaraan dan menanggapi pembicaraan setelah dipersilakan
3. Tidak berbicara ketika orang lain sedang berbicara
4. Bersikap sopan dan menunjukkan perhatian kepada lawan bicara